Minggu, 29 Desember 2013

studi kasus pemasaran



 Rumusan Masalah
1. Landasan teori manajemen pemasaran
         Dalam studi kasus manajemen pemasaran ini saya akan mencoba menggunakan langkah “STRATEGI PEMASARAN” dalam pemasaran telor puyuh oleh Bpk. Saifus Sodri di desa tegalrejo. Sebelum melangkah lebih jauh lagi, disini saya akan mencoba mendefinisikan apa itu “STRATEGI PEMASARAN”.
         Strategi pemasaran adalah Strategi peta produk yaitu melihat posisi produk dimata pesaing. Strategi peta produk itu ada tiga yaitu Produk baru, Daur hidup Produk, dan Strategi bersaing. Dalam menentukan strategi apa yang akan kita gunakan nanti kita harus tahu apa ketiga strategi itu,dan poin apa yg menentukan kita dlm memilih strategi itu.
·        Strategi produk baru.
Yaitu bila produk kita satu-satunya yang beredar di pasar. Dan kita biasanya lebih mudah dalam melakukan pemasaran karena belum ada banyak pesaing.
·        Strategi Daur Hidup Produk.
Yaitu bila sudah ada produk sejenis di pasar dan tidak begitu mengancam posisi produk kita. Dengan kata lain strategi ini mengasumsikan jika banyak pesaing di pasar tapi tidak terlalu mempengaruhi pemasaran kita karena banyak konsumen yang memilih produk ini.
·        Strategi bersaing.
Yaitu bila ada pesaing yang mendekat dan mengancam posisi pemasaran produk kita.
Setelah kita mengetahui apa saja strategi yang bisa digunakan dalam strategi pemasaran kita bias menentukan langkah selanjutnya.
Karena pemasaran bukanlah ilmu pasti seperti keuangan, teori marketing mix juga terus berkembang. Program pemasaran yang efektif memadukan seluruh elemen pemasaran ke dalam suatu program koordinasi, yang dirancang untuk meraih tujuan pemasaran perusahaan dengan mempersembahkan nilai kepada konsumen. Program pemasaran yang efektif memadukan seluruh elemen pemasaran ke dalam suatu program koordinasi, yang dirancanguntuk meraih tujuan pemasaran perusahaan dengan mempersembahkan nilai kepada konsumen. Pemasaran lebih dipandang sebagai seni daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran tergantung pada lebih banyak pada ketrampilan pertimbangan dalam membuatkebijakan daripada berorientasi pada ilmu tertentu. Pandangan ahli ekonomi terhadap pemasaran adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana produk diperlukan atau diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen (konsep pemasaran).

Pembahasan.
           Dalam melakukan strategi pemasarannya Bpk.Saifus sodri lebih memilih melakukan strategi Daur Hidup Produk. Karena dalam pemasaran Telur puyuh banyak sekali persaingan, Tapi persaingan itu bukanya saling menjatuhkan tetapi saling menutupi. Sebagai contoh, jika Bpk Saifus sedang banyak pesanan, beliau bisa membeli telur dari pedagang lain dengan harga yang miring, begitu pula sebaliknya jika pedagang lain sedang banyak pesanan maka dia juga bisa membeli dengan harga yang sama. Lebih jauh lagi strategi DHP mempunyai urutan-urutan pemikiran, adalah sebagai berikut.
1.     Bila produk berada pada tahap perkenalan, maka dipakai media promosi.
2.     Bila produk berada pada produk tahap pertumbuhan, maka dipakai media distribusi.
3.     Bila produk berada pada produk tahap kedewasaan, maka dipakai media strategi harga.
4.     Bila produk berada pada produk tahap penurunan, maka dipakai media diferensiasi produk.
Kapan kita melakukan strategi di atas? Kita harus melihat dulu siapa konsumennya. Karena telur puyuh bukan suatu produk yang baru,dan produk itu musiman maka kita bisa mengasumsikan pada poin yang ke-2. Yaitu media distribusi.
           Apakah distribusi itu? Yaitu himpunan perusahaan dan perorangan yang mengambil alih hak atau membantu dalam dalam pengalihan hak atas barang atau jasa selama berpindah dari produsen ke konsumen.
           Mengapa distribusi itu sangat penting? Bila kita melihat dari azas manfaat distribusi, pemasaran akan meningkatkan nilai produk. Azas manfaatnya antara lain:
·        Nilai tempat, karena sentral peternakan puyuh yang ada di pedesaan dan para konsumen biasanya ada diperkotaan.
·        Nilai bentuk, dari telur yang mentah jika kondisi permintaan sedang lesu maka Bpk saifus bisa merebusnya dan dimasak telur puyuh pindang dan dijual di rumah makan terdekat.

Penutup
           Strategi pemasaran adalah adalah Strategi peta produk yaitu melihat posisi produk dimata pesaing. Dalam kasus diatas saya mencoba untuk mengurai strategi apa yang paling tepat yang harus dilakukan oleh Bpk. Saifus sodri agar pemasarannya dapat mencapai hasil yang maksimal dan tepat sasaran. Untuk itu saya menyarankan agar Bpk saifus untuk lebih mengembangkan produknya yaitu telur puyuh jika permintaan konsumen mulai menurun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar