Rumusan
Masalah
1. Landasan teori
manajemen pemasaran
Dalam studi kasus manajemen pemasaran
ini saya akan mencoba menggunakan langkah “STRATEGI PEMASARAN” dalam pemasaran
telor puyuh oleh Bpk. Saifus Sodri di desa tegalrejo. Sebelum melangkah lebih
jauh lagi, disini saya akan mencoba mendefinisikan apa itu “STRATEGI
PEMASARAN”.
Strategi pemasaran adalah Strategi peta
produk yaitu melihat posisi produk dimata pesaing. Strategi peta produk itu ada
tiga yaitu Produk baru, Daur hidup Produk, dan Strategi bersaing. Dalam
menentukan strategi apa yang akan kita
gunakan nanti kita harus tahu apa ketiga strategi itu,dan poin apa yg
menentukan kita dlm memilih strategi itu.
·
Strategi produk baru.
Yaitu bila produk kita satu-satunya
yang beredar di pasar. Dan kita biasanya lebih mudah dalam melakukan pemasaran
karena belum ada banyak pesaing.
·
Strategi Daur Hidup Produk.
Yaitu bila sudah ada produk sejenis di
pasar dan tidak begitu mengancam posisi produk kita. Dengan kata lain strategi
ini mengasumsikan jika banyak pesaing di pasar tapi tidak terlalu mempengaruhi
pemasaran kita karena banyak konsumen yang memilih produk ini.
·
Strategi bersaing.
Yaitu bila ada pesaing yang mendekat
dan mengancam posisi pemasaran produk kita.
Setelah kita
mengetahui apa saja strategi yang bisa digunakan dalam strategi pemasaran kita
bias menentukan langkah selanjutnya.
Karena pemasaran bukanlah ilmu pasti seperti keuangan, teori marketing mix
juga terus berkembang. Program pemasaran yang efektif memadukan
seluruh elemen pemasaran ke dalam suatu program koordinasi, yang dirancang untuk
meraih tujuan pemasaran perusahaan dengan mempersembahkan nilai kepada konsumen.
Program pemasaran yang efektif memadukan seluruh elemen pemasaran ke dalam
suatu program koordinasi, yang dirancanguntuk meraih tujuan pemasaran
perusahaan dengan mempersembahkan nilai kepada konsumen. Pemasaran lebih
dipandang sebagai seni daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran
tergantung pada lebih banyak pada ketrampilan pertimbangan dalam
membuatkebijakan daripada berorientasi pada ilmu tertentu. Pandangan ahli
ekonomi terhadap pemasaran adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana produk
diperlukan atau diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan
kebutuhan dan keinginan konsumen (konsep pemasaran).
Pembahasan.
Dalam
melakukan strategi pemasarannya Bpk.Saifus sodri lebih memilih melakukan
strategi Daur Hidup Produk. Karena dalam pemasaran Telur puyuh banyak sekali
persaingan, Tapi persaingan itu bukanya saling menjatuhkan tetapi saling menutupi.
Sebagai contoh, jika Bpk Saifus sedang banyak pesanan, beliau bisa membeli
telur dari pedagang lain dengan harga yang miring, begitu pula sebaliknya jika
pedagang lain sedang banyak pesanan maka dia juga bisa membeli dengan harga
yang sama. Lebih jauh lagi strategi DHP mempunyai urutan-urutan pemikiran,
adalah sebagai berikut.
1.
Bila
produk berada pada tahap perkenalan, maka dipakai media promosi.
2.
Bila
produk berada pada produk tahap pertumbuhan, maka dipakai media distribusi.
3.
Bila
produk berada pada produk tahap kedewasaan, maka dipakai media strategi harga.
4.
Bila
produk berada pada produk tahap penurunan, maka dipakai media diferensiasi
produk.
Kapan kita melakukan strategi di atas? Kita
harus melihat dulu siapa konsumennya. Karena telur puyuh bukan suatu produk
yang baru,dan produk itu musiman maka kita bisa mengasumsikan pada poin yang
ke-2. Yaitu media distribusi.
Apakah
distribusi itu? Yaitu himpunan perusahaan dan perorangan yang mengambil alih
hak atau membantu dalam dalam pengalihan hak atas barang atau jasa selama berpindah
dari produsen ke konsumen.
Mengapa
distribusi itu sangat penting? Bila kita melihat dari azas manfaat distribusi,
pemasaran akan meningkatkan nilai produk. Azas manfaatnya antara lain:
·
Nilai
tempat, karena sentral peternakan puyuh yang ada di pedesaan dan para konsumen
biasanya ada diperkotaan.
·
Nilai
bentuk, dari telur yang mentah jika kondisi permintaan sedang lesu maka Bpk
saifus bisa merebusnya dan dimasak telur puyuh pindang dan dijual di rumah
makan terdekat.
Penutup
Strategi
pemasaran adalah adalah Strategi peta produk yaitu melihat posisi produk
dimata pesaing. Dalam kasus diatas saya mencoba untuk mengurai strategi apa
yang paling tepat yang harus dilakukan oleh Bpk. Saifus sodri agar pemasarannya
dapat mencapai hasil yang maksimal dan tepat sasaran. Untuk itu saya
menyarankan agar Bpk saifus untuk lebih mengembangkan produknya yaitu telur
puyuh jika permintaan konsumen mulai menurun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar